Senin, 15 September 2008

(A Tribute to Ruri) Chiffon Ketan Hitam


Resep Chiffon Ketan Hitam (alm.) Bu Ruri itu terkenal banged. Tapi baru kesampean nyob bikin hari minggu kemaren. Semoga amal ibadah Bu Ruri di terima di sisi-Nya atas ilmu2nya yang masih bisa kita ambil sampai sekarang. Amieen..


Walaupun aku kenal beliau tidak secara langsung, yang aku tau beliau itu orangnya ramah dan baiik.. Ahh.. seandainya aja aku punya kesempatan kenal beliau lebih dekat.



Banyak banget siih resep kue dan masakan yang ada di blog beliau: http://www.kuehruri.blogspot.com/, tapi berhubung dari duuuluu penasaran banget sama yng namanya chiffon ketan hitam (emang niatan dah lama mo bikin), akhirnya untuk event ini, pilihan aku dah pasti jatuh duunk ke si 'empon' hitam ini. Hee..



Untuk aku yg masih amatir, kue ini lumayan sulit, terutama pas mencampur putih telur yang dah dikocok ke dalam adonan tepung. takut, kalo2 masih ada putih telur yang menggumpal, gak ke campur sempurna. Sampe sekarang masih g yakin, sebetulnya hasil yang aku bikin itu dah bisa dibilang chiffon blom? Soalnya dalam bayangan aku, yang namanya chiffon itu mengembang sampe ngelebihin loyangnya. Kemaren itu aku pake loyang chiffon ukuran 20, tapi doi ga heboh2 banget tuuh ngembangnya. any idea napa bs bgt?

Eniwei, aku puwass ko' sama hasilnya. Apalagi Sasha doyang banget sama chiffon ini. Big thanks to alm. Bu Ruri yg dah sharing resepnya -walopun aku tau resep ini juuga dari blog-ny Maki. Thanks mb Yulia-Maki, dikau hebaat euuy.. salut plok..plok. And thanks jg mb Efi Andra, mb Ina and temen Okers lainnya yg dah ngasih tips untuk bikin chiffon ini.

Yang masih penasaran sama resepnya, yuuks.. intip bahan2nya di bawah:

Chiffon Ketan Item
Bahan 1 :
200 ml putih telur ~ sekitar 5 butir deh yaa
150 gr gula pasir (aku cuma pake 110 gram aja)
1/2 sdt garam

Bahan 2 :
5 butir kuning telur
100 ml santan kental
75 ml minyak sayur (minyak goreng)
150 gr tepung ketan item (diayak)

Cara membuat:
1. masukin tepung ketan item kedalam wadah, buat lubang ditengahnya
2. tuang kuning telur, minyak sayur dan santan
3. aduk searah pake whisk sampe jadi adonan yang kental, pastiin si tepungnya larut semua ya, jangan sampe ada yang mringkil mringkil
4. campur putih telur, gula pasir dan garam
5. kocok campuran putih telur dengan mixer kecepatan tinggi sampai kental
6. campurin adonan putih telur ke dalam adonan tepung, aduk pake spatula sampe tercampur rata, jangan sampe masih ada adonan putih telur yang misah ya
7. tuang ke loyang chiffon yang tidak dioles sama sekali, bagian dasarnya boleh dialasi kertas roti
8. panggang dalam oven suhu 180° C selama ± 50 menit
9. setelah matang, keluarkan dari oven, langsung tunggingin si loyang sampai dingin, baru keluarin chiffonnya.


(dari bu Ruri) psssttt……
* yang triky di chiffon adalah manggangnya, cek dengan cara pegang permukaan cake, kalo permukaan cake masih berasa bunyi kreess…. kayak yang ada busanya tuh, nah itu belon cukup mateng, panggang lagi sampai kalo permukaannya diteken dia akan naek lagi
* eh iya, waktu ngecek gini, cakenya jangan diangkat dari rak oven ya, jadi masih diatas raknya ajah* terus, begitu keluar dari oven, langsung ditunggingin ya, jangan ditunggu dulu, dijamin bakal mimpes dengan suksesnya
* waktu ngeluarin cake, selipin pisau panjang yangtipis yang tajem di antara cake n loyang, jalanin muterin loyangnya, jangan naek turun ya, ntar pinggiran si chiffon jadi rompal rompal (aku kemaren, stlh sekian lama ditunggingin, cakenya langsung meluncur sendiri ke bawah, jd g butuh bantuan pisau. Normal enggak ya?)
* kalo cakenya masih lengket ke dasarnya, pake cara yang sama.

ps: kemaren aku pake loyang chiffon ukuran 20, tinggi 8 cm

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails